DISDIK KOTABARU SOSIALISASIKAN GERAKAN NASIONAL ORANG TUA MEMBACAKAN BUKU TAHUN 2018

Administrator Senin, 31 Desember 2018 75 Kali

Dinas Pendidikan Kabupaten Kotabaru menyosialisasikan gerakan nasional orangtua membaca buku (Gernas Baku) 2018. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kotabaru, Selasa, tanggal 02 Oktober 2018 dengan dihadiri Plt Kepala Disdik Selamat Riyadi,S.Pd.M.Ed dan Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Bapak Hasan Basri beserta Narasumber yagn berasal dari  Sosialisasi Gernas Baku disampaikan kepada 100 Orang para bunda/ortu dari anak anak TK se kecamatan Pulau Laut Utara

Plt. Kadisdik Kotabaru Selamat Riyadi,S.Pd.M.Ed secara langsung menyampaikan sosialisasi Gernas Baku kepada para peserta yang hadir. Beliau mengatakan Gernas Baku bertujuan untuk membiasakan orangtua membacakan buku bersama anaknya supaya mempererat hubungan emosi antara anak dan orang tua, serta menumbuhkan minat dan budaya membaca anak sejak dini. "Gernas Baku sangat penting guna menumbuhkan minat membaca pada anak sejak dini, supaya anak cepat bisa membaca dan terbiasa nantinya untuk membaca," tambahnya.

Jenis buku yang akan dibacakan oleh orangtua kepada anaknya disesuaikan dengan umurnya. Jadi, buku yang dibaca bisa berupa cerita rakyat, cerita nabi atau dongeng.

“Buku adalah jendela ilmu, sedangkan membaca adalah kuncinya,” katanya.

Beliau meminta dan mengingatkan kepada para orang tua atau pendidik sebelum membacakan buku kepada anaknya, terlebih dahulu harus membacanya. "Jangan sampai buku yang dibacakan mengajarkan hal-hal yang tidak mendidik bagi buah hatinya. Jadi, Baca dulu bukunya yang akan dibacakan kepada anaknya. Sehingga bisa menyaring informasi yang lebih mendidik," tambahnya.


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait